Selasa, 08 Oktober 2013

Analisa Positioning Dari Iklan Mizone


Dalam membuat strategi usaha kita ada beberapa hal yang sangat penting untuk ditentukan sebelum memulai kegiatan marketing kita, salah satunya adalah positioning. positioning itu adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan citra atau image di pikiran target pasar mereka. Positioning juga didefinisikan sebagai cara dimana pemasar mencoba untuk menciptakan kesan yang berbeda dalam pikiran pelanggan.

Salah satu cara untuk menciptakan kesan di pikiran konsumen kita yaitu adalah dengan iklan. Iklan yang baik harus sesuai dengan target konsumen yang akan kita tuju. Kemudian iklan yang kita buat harus menarik agar lebih mudah masuk ke pikiran konsumen.


Disini saya akan mencoba menganalisa positioning yang dilakukan oleh produk mizone dilihat dari iklan-iklan yang mereka buat, yang menurut saya cukup menarik dan sangat memorable. Berikut ini akan saya tampilkan iklan-iklan dari produk mizone yang sempat muncul di TV.

Iklan Pertama (2009)

 
Director: Sachin Ambekar
Creative director:
Maria Sum
Copy writer: N
ine Banowati
Art director:
Rudi Cahyadi
 

Iklan Kedua (2010)

Creative Director : Maria Sum
Art Director : Rizki Darmawan
Copywriter : Abimanyu Satrio
Director : Ben Wee
  

Iklan Ketiga (2011)

Creative Director : n/a
Art Director : n/a
Copywriter : n/a
Director : n/a

Gimana menrut kalian iklan-iklan diatas? Iklan yang cukup menarik menurut saya, dari cara penyampaian pesannya dan juga dari pemilihan lagunya yang keren-keren. Nah dari ketiga iklan di atas sangat jelas sekali bagaimana mizone memposisikan brand-nya di pikiran konsumen.

Pada iklan pertama digambarkan seorang laki-laki dengan umur yang produktif  yang sangat percaya diri dan aktif. Kemudian di iklan ini memiliki pesan bahwa dengan meminum mizone akan membuat kita segar kembali, dan apabila pikiran kita sudah segar kembali maka semuanya yang terjadi meskipun itu umumnya adalah sebuah hal yang menjengkelkan tapi akan menjadi menyenangkan.

Pada iklan kedua, menunjukkan aktifitas yang cenderung berada di luar ruangan dari orang-orang diperkotaan dan lagi-lagi berusia produktif dari berbagai kalangan ada polisi, mahasiswa, tukang sapu, sampai tukang parkir juga ada. Di iklan ini mizone memberikan gambaran yang lebih luas lagi mengenai target market mereka. Pesan yang disampaikan tetap sama mizone membuat hari kita menjadi lebih menyenangkan.

Pada iklan ketiga, juga tidak jauh berbeda dengan iklan sebelumnya mereka, sekarang mereka mnunjukkan bagaimana aktifitas di stasiun kereta, orang-orang yang diperlihatkan pun juga tidak jauh berbeda yaitu orang-orang yang sedang dalam usia produktif dan sedang sibuk-sibuknya berangkat ke tempat kerja mereka.  Pesannya pun tetap sama yaitu dengan meminum mizone maka kita akan tetap semangat dan tetap aktif.

Dari iklan-iklan tersebut maka kesan yang timbul di benak koonsumen, yaitu bahwa mizone identik dengan orang-orang aktif, dalam usia produktif kisaran 17-27 tahun, sibuk, percaya diri dan tentunya semangat. Iklan Mizone tersebut juga menunjukkan bahwa segmen pasar mereka yang utama yaitu dari kalangan menengah kebawah dari mahasiswa hingga pedagang kaki lima. Dari tema musik yang digunakan mereka menggunakan musik-musik yang semangat dan umumnya disukai oleh kalangan pemuda-pemudi. Kemudian kesan selanjutnya yaitu mereka membuat seolah-olah bahwa dengan meminum mizone ini kita bisa menjadi segar, dan semangat seperti orang-orang yang ada di iklan mereka.


Referensi: