Marketing?
Mungkin anda sudah sering mendengar kata itu, khususnya bagi para wirausahawan.
Bagi mereka marketing adalah hal yang sangat penting agar usaha mereka bisa
terus berjalan, karena marketing adalah penghubung antara perusahaan penyedia
jasa/barang dengan customer.
| http://www.ucb.ac.uk/content/images/course-details/he/MA-PG-Diploma-Marketing-Management.jpg |
American
Marketing Association mendefinisikan marketing sebagai berikut:
Marketing is the activity, set of institutions,
and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings
that have value
for customers, clients, partners, and society at large. (Approved October 2007)
The Chartered
Institute of Marketing (CIM) mengatakan:
The
management process responsible for identifying , anticipating and satisfying
customer requirements profitability.
Philip Kotler mengartikan marketing sebagai berikut:
Marketing
is the social process by which individuals and groups obtain what they need and
want through creating and exchanging products and value with others.
Sebagaimana dijelaskan tadi bahwa marketing berorientasi kepada customer/pelanggan maka dalam prosesnya perusahaan harus melakukan riset untuk menentukan marketing plan bagi perusahaan. Kenapa perushaan harus melakukan riset terhadap pasar? Karena dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat terus mengikuti trend pasar dan berfungsi untuk mempertahankan daya saing perusahaan, selain itu perusahaan juga dapat mengidentifikasi dan memahami customers, dan menentukan target pasar.
Setelah melakukan riset pasar, maka perusahaan harus membuat marketing plan. Dengan marketing plan yang baik membuat perusahaan memiliki tujuan yang jelas dan juga target oriented. Untuk dapat membuat marketing plan yang baik maka kita harus memahami ‘THE FOUR P's OF MARKETING’ yaitu:
| http://notesdesk.com/wp-content/uploads/2009/03/marketing-mix-4-ps-of-marketing.jpg |
- Product: Apa yang ditawarkan? Barang atau jasa, entah itu tentang air mineral maupun asuransi kesehatan. Kemudian apa nama brand-nya? Lalu P yang satu ini juga mencakup branding, desain produk, maupun packaging dari produk itu sendiri.
- Place (or distribution): Yaitu dimana produk atau jasa ini anda tawarkan dan bagaimana produk/jasa anda bisa sampai kepada konsumen. Apalagi di jaman era digital ini sudah ada yang namanya internet kita bisa menawarkan produk atau jasa anda dengan cara yang lebih interaktif ke seluruh dunia.
- Price: Berapa harga yang akan anda tawarkan. Termasuk juga pricing strategy yang akan kita gunakan entah dengan diskon, kredit, atau strategi lainnya.
- Promotion: Bagaimana anda membuat konsumen mengetahui produk atau jasa yang anda jual, bisa dengan advertising, direct marketing, ataupun sales promotions.
Selain
4P Marketing ada lagi aspek lainnya yang sangat penting dan harus dipahami
sebelum membuat marketing plan, yaitu TARGETING AND
POSITIONING dimana anda menentukan
target pasar dan juga memposisikan produk/jasa kita.
Targeting mencakup:
- Siapa, yang akan menjadi customer anda?
- Segmentasi pasar, segmen pasar manakah yang akan anda tuju?
Positioning mencakup:
- Pembeda dari para pesaing: Bagaimana anda membuat produk/jasa anda berbeda dari para pesaing anda?
- Value Proposition: Kelebihan apa yang akan anda tawarkan? Apa yang membuat anda lebih baik dari yang lain?
- Product Dimensions: Apa yang akan produk anda hasilkan bagi konsumen?
Dengan
memahami aspek-aspek diatas, maka insya Allah kita bisa membuat marketing plan
yang baik.
Marketing plan dapat berisi tujuan perusahaan, segmen pasar yang kita tuju, strategi pasar, bagaimana mengatasi kompetitor kita yang lain, analisis SWOT, dan lain sebgainya yang berhubungan dengan 4P Marketing yang telah di jelaskan diatas.
Marketing plan dapat berisi tujuan perusahaan, segmen pasar yang kita tuju, strategi pasar, bagaimana mengatasi kompetitor kita yang lain, analisis SWOT, dan lain sebgainya yang berhubungan dengan 4P Marketing yang telah di jelaskan diatas.
Setelah menyusun rencana dan strategi pemasaran, marketing sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Perusahaan harus
memikirkan berbagai cara untuk mengkomunikasikan produk/jasa mereka kepada
konsumen. Dalam hal ini kita bisa menggunakan banyak cara untuk
mengkomunikasikan produk kita kepada pasar, seperti bisa dengan social media,
bisa juga menggunakan metode public relation untuk menjalin hubungan yang lebih
personal dengan lingkungan sekitar, kemudian bisa juga dengan membuat layanan
customer service sebagai media bagi calon potensial kustomer kita yang memiliki
rasa ingin tahu tentang produk/jasa yang kita tawarkan.
Demikian
pembahasan saya ini mengenai esensi dan hal-hal yang harus diperhatikan dari
marketing ini. Dari pembahasan ini dapat ditarik kesimpulan yaitu bahwa
marketing erat kaitannya dengan konsumen, kemudian sebelum perusahaan menyusun
strategi marketing kita harus melakukan riset terhadap keadaan pasar hal ini
berfungsi untuk menjaga daya saing usaha kita. Lalu dalam menyusun strategi
marketing kita haru paham dengan 4P of Marketing dan melakukan Targeting and
Positioning agar usaha kita memiliki target yang jelas yang akan dicapai.
Selain
marketing, kunci sukses dari perusahaan anda adalah branding, namun untuk
masalah branding ini insya Allah akan saya bahas di artikel berikutnya.
Referensi:
- Howtomarketing: The ABC's of Marketing
- Smallbusiness: Next Step Action Plan for Marketing Communications
- Notesdesk: What is Marketing? and Basic Marketing Concepts
- Smallbusiness: Marketing