Minggu, 01 September 2013

Marketing? Apa sih marketing itu?


Marketing? Mungkin anda sudah sering mendengar kata itu, khususnya bagi para wirausahawan. Bagi mereka marketing adalah hal yang sangat penting agar usaha mereka bisa terus berjalan, karena marketing adalah penghubung antara perusahaan penyedia jasa/barang dengan customer. 
http://www.ucb.ac.uk/content/images/course-details/he/MA-PG-Diploma-Marketing-Management.jpg
Nah, sesuai judul dari artikel ini, disini saya akan mencoba memaparkan kepada anda mengenai esensi dari marketing dan hal-hal yang harus diperhatikan di dalam marketing itu sendiri.

Baiklah, pertama-tama kita harus mengetahui apa sih definisi dari marketing. Sebenarnya banyak sekali definisi marketing menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi marketing menurut para ahli:

American Marketing Association mendefinisikan marketing sebagai berikut:
Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large. (Approved October 2007)

The Chartered Institute of Marketing (CIM) mengatakan:
The management process responsible for identifying , anticipating and satisfying customer requirements profitability.

 Philip Kotler mengartikan marketing sebagai berikut:
Marketing is the social process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating and exchanging products and value with others.

Dari beberapa definisi tersebut kita bisa memahami bahwa kunci utama/inti dari marketing adalah customer/pembeli, dimana dalam proses marketing ini bertujuan untuk mendapatkan customer sebanyak-banyaknya. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa marketing adalah bagaimana perusahaan memahami konsumen dan memberikan apa yang mereka butuhkan. 

Sebagaimana dijelaskan tadi bahwa marketing berorientasi kepada customer/pelanggan maka dalam prosesnya perusahaan harus melakukan riset untuk menentukan marketing plan bagi perusahaan. Kenapa perushaan harus melakukan riset terhadap pasar? Karena dengan melakukan riset pasar, perusahaan dapat terus mengikuti trend pasar dan berfungsi untuk mempertahankan daya saing perusahaan, selain itu perusahaan juga dapat mengidentifikasi dan memahami customers, dan menentukan target pasar.

Setelah melakukan riset pasar, maka perusahaan harus membuat marketing plan. Dengan marketing plan yang baik membuat perusahaan memiliki tujuan yang jelas dan juga target oriented. Untuk dapat membuat marketing plan yang baik maka kita harus memahami ‘THE FOUR P's OF MARKETING’ yaitu: 

http://notesdesk.com/wp-content/uploads/2009/03/marketing-mix-4-ps-of-marketing.jpg
  • Product: Apa yang ditawarkan? Barang atau jasa, entah itu tentang air mineral maupun asuransi kesehatan. Kemudian apa nama brand-nya? Lalu P yang satu ini juga mencakup branding, desain produk, maupun packaging dari produk itu sendiri.
  • Place (or distribution): Yaitu dimana produk atau jasa ini anda tawarkan dan bagaimana produk/jasa anda bisa sampai kepada konsumen. Apalagi di jaman era digital ini sudah ada yang namanya internet kita bisa menawarkan produk atau jasa anda dengan cara yang lebih interaktif ke seluruh dunia.
  • Price: Berapa harga yang akan anda tawarkan. Termasuk juga pricing strategy yang akan kita gunakan entah dengan diskon, kredit, atau strategi lainnya.
  • Promotion: Bagaimana anda membuat konsumen mengetahui produk atau jasa yang anda jual, bisa dengan advertising, direct marketing, ataupun sales promotions.
Selain 4P Marketing ada lagi aspek lainnya yang sangat penting dan harus dipahami sebelum membuat marketing plan, yaitu TARGETING AND POSITIONING dimana anda menentukan target pasar dan juga memposisikan produk/jasa kita.
Targeting mencakup:

  • Siapa, yang akan menjadi customer anda?
  • Segmentasi pasar, segmen pasar manakah yang akan anda tuju?

Positioning mencakup:
  • Pembeda dari para pesaing: Bagaimana anda membuat produk/jasa anda berbeda dari para pesaing anda?
  • Value Proposition: Kelebihan apa yang akan anda tawarkan? Apa yang membuat anda lebih baik dari yang lain?
  • Product Dimensions: Apa yang akan produk anda hasilkan bagi konsumen?

Dengan memahami aspek-aspek diatas, maka insya Allah kita bisa membuat marketing plan yang baik. 

Marketing plan dapat berisi tujuan perusahaan, segmen pasar yang kita tuju, strategi pasar, bagaimana mengatasi kompetitor kita yang lain, analisis SWOT, dan lain sebgainya yang berhubungan dengan 4P Marketing yang telah di jelaskan diatas.
Setelah menyusun rencana dan strategi pemasaran, marketing sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Perusahaan harus memikirkan berbagai cara untuk mengkomunikasikan produk/jasa mereka kepada konsumen. Dalam hal ini kita bisa menggunakan banyak cara untuk mengkomunikasikan produk kita kepada pasar, seperti bisa dengan social media, bisa juga menggunakan metode public relation untuk menjalin hubungan yang lebih personal dengan lingkungan sekitar, kemudian bisa juga dengan membuat layanan customer service sebagai media bagi calon potensial kustomer kita yang memiliki rasa ingin tahu tentang produk/jasa yang kita tawarkan.  
Demikian pembahasan saya ini mengenai esensi dan hal-hal yang harus diperhatikan dari marketing ini. Dari pembahasan ini dapat ditarik kesimpulan yaitu bahwa marketing erat kaitannya dengan konsumen, kemudian sebelum perusahaan menyusun strategi marketing kita harus melakukan riset terhadap keadaan pasar hal ini berfungsi untuk menjaga daya saing usaha kita. Lalu dalam menyusun strategi marketing kita haru paham dengan 4P of Marketing dan melakukan Targeting and Positioning agar usaha kita memiliki target yang jelas  yang akan dicapai.
Selain marketing, kunci sukses dari perusahaan anda adalah branding, namun untuk masalah branding ini insya Allah akan saya bahas di artikel berikutnya.

Referensi: